Senin, April 15, 2024
BerandaBeritaSyarat Kartu Prakerja Gelombang 54 Simak Selengkapnya

Syarat Kartu Prakerja Gelombang 54 Simak Selengkapnya

Hai, Sobat Datago! Kalian pasti udah gak asing lagi sama yang namanya Kartu Prakerja, kan? Berikut artikel tentang Syarat Kartu Prakerja.

Nah, kali ini kita mau bahas tentang kartu kece ini, fungsi dan mekanismenya yang bikin banyak anak muda penasaran. Yuk, simak penjelasannya!

Apa Sih Fungsinya Prakerja?

Jadi, Kartu Prakerja ini tuh punya fungsi yang super penting, yaitu memberikan kesempatan buat kita, para anak muda, untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensi kerja.

Tujuannya? Biar kita makin siap menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif. Dengan adanya Kartu Prakerja, kita bisa dapet pelatihan-pelatihan keren, akses ke platform pembelajaran online, dan dukungan biaya untuk mengikuti pelatihan tersebut. Bisa dibilang, Kartu Prakerja ini adalah kunci sukses masa depan kita, guys!

Guys, ada info penting nih buat kalian yang mau ikutan program Kartu Prakerja Gelombang 54. Kalian harus tau siapa aja yang berhak mendapatkannya. Yuk, simak penjelasan berikut!

Apakah Kamu Berhak Mendaftar Prakerja Gelombang 54 ?

Jika kamu memenuhi kriteria ini, maka berhak untuk mendaftar prakerja :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) Pertama-tama, pastikan kalian adalah Warga Negara Indonesia ya! Program ini khusus untuk warga negara kita tercinta.
  2. Usia Di Atas 18 Tahun Untuk bisa ikutan Kartu Prakerja Gelombang 54, kalian harus berusia di atas 18 tahun. Jadi, kalau masih di bawah umur, tunggu dulu ya!
  3. Tidak Sedang dalam Masa Pendidikan Formal Untuk sementara waktu, program ini tidak diperuntukkan bagi mereka yang sedang dalam masa pendidikan formal, seperti sekolah atau kuliah. Jadi, pastikan kalian sedang tidak aktif di lembaga pendidikan formal ya!
  4. Mencari Pekerjaan, Terkena PHK, atau Butuh Peningkatan Kompetensi Nah, bagi yang sedang mencari pekerjaan, terkena PHK, atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, kalian berhak mengikuti program ini. Termasuk juga pekerja/buruh yang dirumahkan atau bukan penerima upah, serta para pelaku usaha mikro dan kecil.
  5. Bukan Penerima Bantuan Sosial Lainnya Selama Pandemi Covid-19 Kartu Prakerja ini tidak bisa digabung dengan program bantuan sosial lainnya yang diberikan selama pandemi Covid-19. Jadi, pastikan kalian tidak sedang menerima bantuan sosial lainnya saat ini.
  6. Bukan Pejabat Negara atau Anggota Instansi Tertentu Program ini tidak berlaku untuk pejabat negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), anggota Polri/TNI, kepala desa dan perangkat desa, serta Direksi Komisaris/Dewan Pengawas BUMN/BUMD. Jadi, kalau masuk dalam kategori ini, maaf ya guys, program ini bukan untuk kalian.
  7. Maksimal Dua NIK dalam Satu Kartu Keluarga (KK) Satu lagi nih, dalam satu Kartu Keluarga (KK), maksimal hanya bisa ada dua anggota keluarga yang bisa mendapatkan Kartu Prakerja. Jadi, pastikan kalian memperhatikan hal ini ya!

Nah, itu dia syarat-syarat untuk bisa mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 54. Kalau kalian memenuhi semua persyaratan di atas, buruan daftar sekarang juga! Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dapat kalian temukan di laman resmi www.prakerja.go.id. Jadi, jangan sampai ketinggalan kesempatan ya!

Persyaratan Mendaftar Kartu Prakerja 

  1. WNI dengan e-KTP sebagai bukti identitas.
  2. Usia minimal 18 tahun.
  3. Tidak sedang berada dalam proses pendidikan formal, seperti sekolah atau kuliah.
  4. Sedang dalam proses mencari pekerjaan, terdampak PHK, ingin meningkatkan keahlian, dirumahkan sebagai buruh bukan penerima upah, termasuk pelaku UMKM.
  5. Tidak termasuk dalam kategori pejabat negara, ASN, Kepolisian, TNI, kepala desa, perangkat desa, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD.
  6. Dibatasi hingga dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama.

Jadi, gampang banget kan? Yuk, langsung aja ikutan Gabung Gelombangnya!

Gimana Sih Mekanisme Pendaftaran Kartu Prakerja?

Nah, sekarang kita bahas tentang mekanismenya nih. Jadi, Kartu Prakerja ini ada proses pendaftarannya yang harus kita ikuti. Pertama, kita perlu buat akun di platform resmi Kartu Prakerja. Setelah itu, kita bisa mengakses berbagai pelatihan online yang ada di platform tersebut.

kalau kita udah nemu pelatihan yang kita minati, tinggal daftar aja dan ikuti proses seleksinya. Setelah lolos seleksi, kita bakal mendapatkan kesempatan buat mengikuti pelatihan yang kita pilih. Nah, yang bikin hebatnya, Kartu Prakerja juga nyediain dukungan biaya pelatihan, jadi kita gak perlu khawatirin soal biayanya.

Selain itu, ada juga fitur mentoring yang bisa kita akses. Jadi, kita bisa dapet bimbingan dan pendampingan dari mentor yang udah berpengalaman di bidangnya. Asyik kan?

Oh iya, satu hal lagi yang gak kalah seru, dengan Kartu Prakerja ini kita juga bisa mendapatkan insentif berupa uang tunai. Jadi, setelah kita selesai menyelesaikan pelatihan, kita bisa dapetin uang tunai sebagai bentuk apresiasi atas usaha dan kerja keras kita. Mantap banget, kan?

Nah, itulah tadi sedikit gambaran tentang fungsi dan mekanisme Kartu Prakerja. Kartu ini tuh bener-bener bikin kesempatan kita terbuka lebar buat mengembangkan diri dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih cerah.

So, buat kamu yang masih muda dan bersemangat jika memenuhi Syarat Kartu Prakerja, jangan sampai lewatkan kesempatan emas ini, ya! Yuk, daftar sekarang juga dan jadi bagian dari generasi sukses masa depan. Good luck, Sobat Datago!

Follow Berita Terbaru Datago.id di Google News

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular