Senin, April 15, 2024
BerandaPemerintahSemarang Night Carnival: Menyambut Spektakel Semarak Jejak Kreatif 2023

Semarang Night Carnival: Menyambut Spektakel Semarak Jejak Kreatif 2023

Semarang Night Carnival (SNC) tahun ini mengambil posisi penting sebagai pembuka acara Semarak Jejak Kreatif 2023, yang berpromisi menghadirkan nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Wing Wiyarso Poespojoedho, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, merinci bahwa Semarak Jejak Kreatif 2023 ini adalah acara inovatif yang merupakan sinergi antara Kemenparekraf (Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Disporapar (Dinas Kepemudaan Olah raga dan Pariwisata) Jawa Tengah, dan Disbudpar kota Semarang.

Semarang Night Carnival

“Ada perubahan menarik untuk (Semarang Night Carnival) kali ini, yakni acara akan digelar pada Jumat, 19 Mei 2023, sebagai bagian pembuka Semarak Jejak Kreatif 2023. Acara ini merangkum kerjasama antara Kemenparekraf, Disporapar Jateng dan Disbudpar Kota Semarang. Jadi, ada tiga unsur pemerintah yang berkolaborasi dalam meramaikan Semarak Jejak Kreatif 2023 ini,” jelasnya di Gedung Pandanaran, Jumat (12/5).

Serangkaian Perayaan Hari Jadi Kota Semarang

SNC adalah bagian dari serangkaian perayaan Hari Jadi Kota Semarang ke-476. Acara ini selalu disambut dengan antusias, berkat perpaduan menawan antara seni tari, drama, dan kostum karnaval. SNC telah menjadi tradisi tahunan di Kota Semarang selama 13 tahun terakhir.

Tema untuk SNC tahun ini adalah “The Luxury”, melambangkan kemewahan, keindahan dan kenyamanan. Sub tema yang diangkat adalah Keris, Chandelier, Kipas, dan Lotus. Wing Wiyarso Poespojoedho menambahkan bahwa SNC tahun ini akan menjadi momentum untuk memperkenalkan kembali akulturasi budaya Kota Semarang sebagai warisan sejarah masa lalu.

The Luxury : akulturasi dari berbagai budaya

“Tema ‘The Luxury’ kali ini mencerminkan kemewahan, keindahan dan kenyamanan. Ini adalah akulturasi dari berbagai budaya yang hidup di kota Semarang. Kota Semarang kaya dengan budaya peninggalan sejarah masa lalu, yang dulunya dikenal sebagai kota pelabuhan besar, tempat jalur perdagangan rempah, gula, dan sutra berkumpul,” ungkapnya.

Tercatat, sebanyak 120 peserta dari berbagai latar belakang akan berpartisipasi dalam acara ini. Sekitar 40 Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kota Semarang juga akan ikut meramaikan SNC tahun ini di Kawasan Kota Lama.

“Ada 120 peserta dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Sekitar 40 kepala OPD juga akan ikut serta dengan mengenakan kostum unik berdasarkan sub tema yang telah ditentukan. Semua peserta akan berlomba untuk memenangkan berbagai penghargaan,” ujarnya.

Persiapan acara akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Mei 2023 dengan melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto.

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular