Senin, Mei 20, 2024
BerandaPemerintahPemberian Bantuan Alat Tangkap Kepiting dan Dorongan Pengolahan Hasil Laut oleh Gus...

Pemberian Bantuan Alat Tangkap Kepiting dan Dorongan Pengolahan Hasil Laut oleh Gus Yasin

Gus Yasin, Wakil Gubernur Jawa Tengah, pada hari Jumat (12/5/2023), menyerahkan bantuan berupa 100 unit perangkap kepiting kepada warga Desa Panikel, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap. Penyerahan bantuan ini dilakukan di Masjid Abdulloh Assindi Panikel.

Gus Yasin Ajak Warga Meningkatkan Perekonomian

Dalam pidatonya, Gus Yasin, seperti ia akrab disapa, mengajak warga Panikel untuk mendorong pertumbuhan ekonomi desa mereka. Salah satu cara yang diajukan adalah dengan menambah nilai dari komoditas kepiting lokal. Menurutnya, bukan hanya mengandalkan hasil tangkapan, tetapi juga penting untuk mengolah hasil tersebut menjadi produk yang lebih bernilai. Hal ini diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi.

“Masyarakat harus memiliki kesadaran untuk meningkatkan ini. Mungkin akan ada pelatihan UMKM tentang cara mengolah kepiting, bagaimana cara pengemasannya, sehingga bisa dijual dengan nilai yang baik,” ujarnya.

Pendorong Kesejahteraan Masyarakat dan Perhatian Terhadap Infrastruktur

Wakil Gubernur menambahkan bahwa pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Cilacap untuk mencari solusi yang dapat meningkatkan sumber daya manusia.

Gus Yasin juga memperhatikan isu infrastruktur. Menurutnya, akses jalan merupakan faktor penting yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, hal ini patut menjadi fokus bersama antara pemerintah desa, kabupaten, dan provinsi.

“Marilah kita diskusikan, catat, dan tentukan mana jalan yang menjadi tanggung jawab kabupaten, dan mana yang menjadi tanggung jawab provinsi,” tambahnya.

Taj Yasin Maimoen menyerahkan Bantuan

Selain 100 unit perangkap kepiting, juga memberikan 50 paket sembako kepada masyarakat. Dia berharap, sembako tersebut dapat membantu warga yang membutuhkannya.

Sebelum menyerahkan bantuan tersebut, Gus Yasin melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Abdulloh Assindi Panikel. Di sana, ia juga diminta oleh warga untuk menjadi khatib dan memberikan ceramah.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular